Menjaga dan Mengisi Kemerdekaan



Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan. Bulan Agustus adalah bulan lahirnya bangsa Indonesia. Bulan penuh berkah bagi bangsa Indonesia, sebab di bulan Agustus ini bangsa Indonesia mendapatkan nikmat yang sangat besar dan berharga, yakni kemerdekaan.

Kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia bukan sebuah hadiah, tapi hasil perjuangan pahlawan yang telah rela mengorbankan harta dan nyawa. Kemerdekaan ini tidak diperoleh secara gratis. Kemerdekaan yang diperoleh dengan luka, darah, kematian. Dengan kemerdekaan yang telah dicapai para pahlawan sehingga bangsa Indonesia lepas dari belenggu penjajahan.

Nah, kini giliran generasi masa kini yang harus meneruskan perjuangan dengan menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif sesuai bidangnya masing-masing. Kemerdekaan harus diisi agar tidak sia-sia. Kita harus tetap memiliki semangat perjuangan agar kedaulatan Negera Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga. Api semangat tidak boleh padam, harus tetap menyala-nyala di dada setiap rakyat. Sebagaimana dulu Chairil Anwar berteriak dalam bait sajak Diponegoro:

Maju 
Serbu
Serang 
Terjang

Melalui sajaknya tersebut, Chairil membakar semangat agar terus berkobar di dada para pemuda.

Mengisi kemerdekaan adalah wujud kreativitas bagi tiap-tiap individu yang selanjutnya berkembang dalam kolektifitas demi kemajuan dan perkembangan bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Sekali berarti sesudah itu mati, kata Chairil.


Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar